Wapada Penipuan Berkedok Aplikasi APK

Penipuan yang dilakukan secara online semakin marak terjadi. Beberapa waktu terakhir, masyarakat diramaikan dengan penipuan dengan modus pengiriman file berekstensi Android Package Kit (APK). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberitahukan kepada seluruh civitas akademika ULBI mengenai maraknya kasus penipuan bermodus file APK yang berpotensi membahayakan keamanan data pada perangkat handphone korban. Dalam modus operasi ini, penyerang akan berusaha untuk mengirimkan program jahat atau malware melalui file APK palsu ke perangkat korban. Setelah diinstal, malware tersebut dapat mencuri data pribadi atau bahkan mengambil alih kendali perangkat korban secara jarak jauh.

Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memastikan keamanan setiap file yang diunduh atau diinstal pada perangkat handphone Anda. Pastikan untuk hanya mengunduh file dari sumber terpercaya dan pastikan untuk memperbarui sistem keamanan pada perangkat handphone Anda secara berkala. 

Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak tertipu dalam kasus penipuan bermodus file APK

  1. Hanya mengunduh file dari sumber terpercaya seperti Google Play Store atau website resmi pengembang aplikasi.
  2. Periksa ulasan dan rating aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya.
  3. Gunakan aplikasi keamanan untuk memeriksa dan memblokir aplikasi berbahaya atau malware. Serta Selalu perbarui sistem keamanan pada perangkat Anda.
  4. Jangan memberikan akses ke data yang tidak relevan atau tidak diperlukan.
  5. Hati-hati saat menerima pesan atau email dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan, terutama jika terdapat tautan atau lampiran file.
  6. Hindari membuka tautan atau lampiran file dari email yang mencurigakan.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat terhindar dari penipuan bermodus file APK dan menjaga keamanan data pada perangkat Anda.


Sekian pengumuman kami sampaikan Terimakasih

Salam hangat TIM DTI ULBI

Sumber Informasi : https://money.kompas.com/read/2023/02/06/103300126/marak-penipuan-bermodus-file-apk-bagaimana-cara-kerjanya-
Terbaru